PEMASARAN
1.) Pengertian pasar
Pengertian secara sempit
Pasar adalah suatu tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transasksi jual beli dan jasa.
Pasar adalah suatu tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transasksi jual beli dan jasa.
Pengertian secara luas
Pasar adalah tempat bertemunya penjual yang mempunyai kemampuan untuk menjual barang/jasa dan pembeli yang melakukan uang untuk membli barang dengan harga tertentu.
Pasar adalah tempat bertemunya penjual yang mempunyai kemampuan untuk menjual barang/jasa dan pembeli yang melakukan uang untuk membli barang dengan harga tertentu.
Pengertian Pemasaran
Ada
beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
a. Philip Kotler (marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia
yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses
pertukaran.
b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu
proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa
yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik
produk dan nilai dengan orang lain
jadi,pemasaran adalah proses sosial dan manajerial yang dilakukan
seseorang atau kelompok untuk memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan
melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai.
2.) Jenis-Jenis
Pasar
Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya. Menurut dari bentuk kegiatannya
pasar dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak
nyata(abstrak). Maka kita lihat penjabaran berikut ini:
- Pasar Nyata.
Pasar nyata adalah pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan
dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.
- Pasar Abstrak.
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar
barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya
dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham,
pasar modal dan pasar valuta asing.
Jenis pasar menurut cara transaksinya. Menurut cara transaksinya,
jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.
- Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para
penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung.
Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan
pokok.
- Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang
diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya
pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya. Beberapa pasar hanya menjual
satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar
ikan dan daging serta pasar loak.
Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi. Menurut keluasaan
distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
- Pasar Lokal
- Pasar Daerah
- Pasar Nasional dan
- Pasar Internasional
3.) Konsep – Konsep Inti Pemasaran
Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan,
produksi, utilitas, nilai kepuasan, pertukaran, transaksi dengan hubungan
pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan
dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan
dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik
terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah
keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan
kesediaan untuk membelinya.
4.) Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran.
Menurut Kotler dan Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan,
implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk
menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan
pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangakan manajemen adalah
proses perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing)
penggerakan (actuating) dan pengawasan.
Jadi dapat
diartikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan,
penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan,
membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar
sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.
5.) Bauran pemasaran (marketing mix)
Adalah
seperangkat alat pemasaran taktis produk,harga,promosi,distribusi yang di
padupadankan untuk menghasilkan respon yang diinginkan pasar sasaran. Marketing
mix merupakan jantung dari rencana pemasaran. Umumnya marketing mix ada dalam
bentuk 4P (product,price,promotion,dan place), dalam perusahaan jasa kita kenal
dengan istilah 7P ( 4P ditambah dengan physical edivence, people, process)
Berikut
ini akan dijelaskan bauran pemasaran dalam 4P,yaitu :
1. Product , ialah segala
sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli,
digunakan, atau dikonsumsi yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan.
2. Price, ialah sejumlah uang yang harus dibayar
oleh pelanggan untuk memperoleh produk. Harga menjadi suatu ukuran tentang mutu
produk bila pembeli mengalami kesulitan dalam mengevaluasi produk – produk yang
kompleks.
3. Promotion, penggunaan media promosi, seperti
media elektronik dan cetak, adalah penting untuk menyampaikan pesan tentang produk. Fungsi promosi adalah bauran
pemasaran adalah untuk mencapai berbagai tujuan komunikasi dengan setiap konsumen.
4. Place , produk yang baik dengan harga yang
wajar dan promosi yang tepat sasaran, menjadi tidak ada artinya apabila
konsumen mengalami kesulitan untuk mendapatkan produk tersebut. Karena itu,
perusahaan harus memilih tempat yang tepat untuk memasarkan produknya.
6.) Tujuan sistem pemasaran
- Memaksimumkan mutu hidup termasuk didalamnya kualitas, kuantitas,
ketersediaan, harga pokok barang, mutu lingkungan fisik, dan mutu lingkungan
kultur
- Memaksimumkan konsumsi,
kegiatan dalam pemasaran adalah memudahkan dan merangsang konsumsi maksimum,
akhirnya menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimum.
- Memaksimumkan kepuasan konsumen, mengukur
kepuasan konsumen tidak mudah perlu adanya tolak ukur kepuasan dari produk yang
dibeli oleh konsumen. Kepuasan dari produk atau jasa yang baik diimbangi oleh kejelekan dari
pencemaran lingkungan, kepuasan yang diterima seseorang tergantung dari sedikit
atau banyaknya orang lain memiliki barang tersebut
7.) Pendekatan dalam mempelajari pemasaran
Pemasaran dapat dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan.
Tujuan satu pendekatan akan menyinggung pula tinjauan dari pendekatan lainnya
pendekatan tersebut adalah :
1. Pendekatan
serba fungsi (functional approach), jumlah dan macam dari fungsi ini
tergantung pada macam produk dan kebiasaan dalam perdagangan.
2. Pendekatan serba
lembaga (institutional approach), mempelajari pemasaran dari segi
organisasi atau lembaga-lembaga yang terlibat dalam kegiatan pemasaran.
3. Pendekatan
serba barang (commodity approach), merupakan suatu pendekatan pada
pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang tertentu
berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir atau konsumen industri.
4. Pendekatan serba
manajemen (managerial approach), mempelajari dan menekankan
masalah-masalah pemasaran yang dihadapi oleh produsen sebagai kekurangan dari
aspek lain tentang sistem pemasaran.
5. Pendekatan
serba sistem (total system approach), mencakup elemen-elemen yang luas
dalam sistem pemasaran.
http://hidayatisri.blogspot.com/2012/11/pemasaran.html
buku ekonomi,cv habsa jaya,heni mulyani, neng aryanti, kurnia nandar
wati
0 komentar:
Posting Komentar