SIA
Bauran Pemasaran 7P :
Product (produk)
Produk merupakan elemen penting
dalam sebuah program pemasaran. Strategi produk dapat mempengaruhi strategi
pemasaran lainnya. Pembelian sebuah produk bukan hanya sekedar untuk memiliki
produk tersebut tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Price (Harga)
Menurut Monroe (2005) menyatakan
bahwa harga merupakan pengorbanan ekonomis yang dilakukan pelanggan untuk
memperoleh produk atau jasa. Selain itu harga salah satu faktor penting
konsumen dalam mengambil keputusan untuk melakukan transaksi atau tidak (Engel,
Blackwell dan Miniard, 1996).
Harga dikatakan mahal, murah atau
biasa-biasa saja dari setiap individu tidaklah harus sama, karena tergantung
dari persepsi individu yang dilatar belakangi oleh lingkungan kehidupan dan
kondisi individu (Schifman and Kanuk, 2001).
Promotion (promosi)
Promosi adalah kegiatan
mengkomunikasikan informasi dari penjual kepada konsumen atau pihak lain dalam
saluran penjualan untuk mempengaruhi sikap dan perilaku. Melalui periklanan
suatu perusahaan mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli sasaran dan
masyarakat melalui media-media yang disebut dengan media massa seperti Koran,
majalah, tabloid, radio, televise dan direct mail (Baker, 2000:7).
Media promosi yang dapat digunakan
pada bisnis ini antara lain (1) Periklanan, (2) Promosi penjualan, (3)
Publisitas dan hubungan masyarakat, dan (4) Pemasaran langsung. Penentuan media
promosi yang akan digunakan didasarkan pada jenis dan bentuk produk itu
sendiri.
Place (Saluran Distribusi)
Kotler (2000: 96) menyatakan bahwa
“Saluran distribusi terdiri dari seperangkat lembaga yang melakukan segala
kegiatan (Fungsi) yang digunakan untuk menyalurkan produk dan status pemiliknya
dari produsen ke konsumen”. Dari definisi diatas dapat diartikan bahwa saluran
distribusi suatu barang adalah keseluruhan kegiatan atau fungsi untuk
memindahkan produk disertai dengan hak pemiliknya dari produsen ke konsumen
akhir atau pemakai
industri.
Distribusi berkaitan dengan
kemudahan memperoleh produk di pasar dan tersedia saat konsumen mencarinya.
Distribusi memperli hatkan berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk
menjadikan produk atau jasa dipe roleh dan tersedia bagi konsumen sasaran.
People
(Partisipan)
Yang dimaksud partisipan disini
adalah karyawan penyedia jasa layanan maupun
penjualan, atau orang-orang yang
terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam proses layanan itu
sendiri, misalnya dalam jasa kecantikan :diantaranya adalah para reception,
dokter, dan beauty therapis.
Process
(Proses)
Proses adalah kegiatan yang
menunjukkan bagaimana pelayanan diberikan kepada konsumen selama melakukan
pembelian barang. Pengelola usaha melalui front liner sering menawarkan
berbagai macam bentuk pelayanan untuk tujuan menarik konsumen. Fasilitas jasa
konsultasi gratis, pengiriman produk, credit card, card member dan fasilitas
layanan yang berpengaruh pada image perusahaan.
Physical evidence
(Lingkungan fisik)
Lingkungan fisik adalah keadaan atau
kondisi yang di dalamnya juga termasuk suasana. Karakteristik lingkungan fisik
merupakan segi paling nampak dalam kaitannya dengan situasi. Yang dimaksud
dengan situasi ini adalah situasi dan kondisi geografi dan lingkungan
institusi, dekorasi, ruangan, suara, aroma, cahaya, cuaca, pelatakan dan layout
yang nampak atau lingkungan yang penting sebagai obyek stimuli (Belk 1974 dalam
Assael 1992).
Dari ketujuh elemen marketing mix
tersebut yang merupakan kunci sukses bagi sebuah usaha (jasa yang
bertempat/salon/spa/warnet) diantaranya adalah kelengkapan produk layanan yang
siap ditawarkan (one stop service), lokasi yang strategis, keramahan dan
efektivitas pelayanan, tempat parkir yang memadai, dan fasilitas lain pendukung
kenyamanan konsumen.
SUMBER :
kelebihan dan kekurangan e commerce :
Kelebihan
E-Commerce :
- Meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses pemasaran
- Meningkatkan daya saing perusahaan
- Pertukaran data atau informasi jadi lebih mudah
Kekurangan
E-Commerce:
- Produk terkadang berbeda dengan ekspektasi pembeli
- Kurang amanya transaksi
- Penipuan berkedok penjual maupun pembeli
SUMBER :
perusahaan ritel : 1.
Carrefour : Carrefour memiliki web pribadi yang
berisi tentang perusahaan mereka dan juga data-data atau produk apa yang mereka
tawarkan serta adanya informasi-informasi seperti diskon atau promo-promo
lainnya dan menyiapkan pelayanan pesan antar bagi para pelanggannya untuk
mengakses atau berbelanja via online.
http://www.kompasiana.com/aconk/pemanfaatan-it-pada-kegiatan-bisnis-carrefour_551853f0813311a9689dea6c
2.
Matahari Department store
Perusahaan jasa : 1.
PT Jalur Nugraha Ekakurir atau
yang biasa disebut JNE. JNE adalah suatu perusahaan jasa yang bergerak di
bidang pengiriman barang ataupun dokumen.
2.
Goojek
Menurut
saya, Riset pasar adalah sesuatu
yang sangat penting dalam bisnis sebab dengan riset pasar akan diketahui apa
saja yang diperlukan pasar atau masyarakat dan juga mengetahui para pesaing
bisnis. Dengan diketahuinya apa saja yang dibutuhkan oleh pasar dan juga
pesaing yang ada dapat membuat produk ataupun jasa yang sesuai dengan pasar dan
dapat membuat produk atau jasa dapat bersaing di pasaran. Dengan riset pasar
dapat diketahui pula siapa saja yang membutuhkan produk atau jasa yang
ditawarkan, dimana produk atau jasa tersebut di butuhkan,dan kualitas produk
seperti apa yang dibutuhkan para konsumen. Dan dapan juga diketahui seberapa
besar pemintaan dan potensi permintaan, kapan permintaan tersebut memuncak dan
kapan permintaan tersbut menurun dari konsumen. Sehingga akan mempermudah saat
merencanakan strategi bisnis dan dapat menghasilkan keuntungan yang besar atau
optimal. Bisa dibilang riset pasar adalah otak dalam berbisnis, sebab inilah
yang menentukan kemana langkah strategi dalam berbisnis. Itulah definisi riset
pasar dan tujuannya.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar