BAB 11
BAB 11
Akuntansi dan Laporan Keuangan
A.
Pengertian Akuntansi
Akuntansi berasal dari kata asing accounting yang artinya dalam
bahasa indonesia adalah menghitung atau mempertanggungjawabkan. Secara umum
akuntansi adalah kumpulan prosedur-prosedur untuk mencatat, mengklasifikasikan,
mengikhtisarkan, dan melaporkan dalam bentuk laporan keuangan.
Berikut ini adalah pengertian akuntansi yang lainnya :
a.
Menurut Amin W, Akuntansi adalah
suatu aktivitas jasa (mengidentifikasikan, mengukur, mengkalsifikasikan dan
mengikhtisarkan) kejadian atau transaksi ekonomi yang menghasilkan informasi
kuantitatif terutama yang bersifat keuangan yang digunakan dalam pengambilan
keputusan.
b.
Menurut Abubakar. A & Wibowo,
Akuntansi adalah proses identifikasi, pencatatan dan komunikasi terhadap
transaksi ekonomi dari suatu entitas/perusahaan.
B.
Fungsi Akuntansi
Fungsi utama akuntansi adalah sebagai
informasi keuangan suatu organisasi. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat
posisi keuangan sutu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya.
Akuntansi dibuat secara kualitatif dengan satuan ukuran uang. Informasi
mengenai keuangan sangat dibutuhkan khususnya oleh pihak manajer / manajemen
untuk membantu membuat keputusan suatu organisasi.
C.
Pihak-Pihak yang Berkepentingan
Adapun pihak-pihak yang berkepentingan terhadap informasi
akuntansi adalah:
1. Para pemilik dan calon pemilik perusahaan
Para pemilik dan calon pemilik perusahaan berkepentingan untuk mengetahui perkembangan dan kondisi keuangan perusahaan.
Para pemilik dan calon pemilik perusahaan berkepentingan untuk mengetahui perkembangan dan kondisi keuangan perusahaan.
2. Para pengelola perusahaan
Para pengelola perusahaan ini adalah para manajer, jajaran direksi. Bagi
pengelola perusahaan akuntansi digunakan untuk berbagai tujuan. Diantaranya
informasi bagi manajemen sebagai bahan analisa dan interpretasi dalam melakukan
evaluasi atas kegiatan dan pencapaian hasil yang direncanakan perusahaan.
3. Para pegawai/karyawan perusahaan
Untuk apa ya para pegawai membutuhkan laporan akuntansi?
Para pegawai/karyawan perusahaan sebenarnya sangat berkepentingan untuk
mendapatkan informasi keuangan perusahaan. Hal ini dihubungkan dengan hak-hak
pegawai dalam bidang penggajian, gratifikasi ataupun bonus (jasa produksi)
serta perangsang sosial lainnya dari perusahaan untuk tujuan kesejahteraan
perusahaan yang pada akhirnya akan meningkatkan pengabdian pegawai pada
perusahaan.
4. Para investor
Kalau kita mau invest dana tentunya kita bakalan nyari perusahaan yang
kondisinya bonafid. Nah, para investor luar yang bermaksud menginvestasikan
modalnya ke dalam suatu perusahaan, untuk keamanan pelaksanaan investasinya
harus terlebih dahulu mengetahui kemampuan perusahaan yang bersangkutan agar
jangan sampai dananya terbuang sia-sia.
5. Para kreditor
Para kreditor seperti bank pemberi kredit sangat memerlukan laporan keuangan
perusahaan yang akan diberikan kredit untuk digunakan sebagai bahan
pertimbangan dalam memberikan keputusan penetapan pemberian kredit. Sama
seperti investor, para kreditor juga cuma mau memberikan dananya pada
perusahaan yang bonafid.
6. Pemerintah
Pemerintah sangat berkepentingan dalam menilai maju mundurnya perusahaan yang
ada di negaranya, misalnya saja untuk menentukan kebijaksanaan sumber
penerimaan negara dari sektor pajak atau menentukan kebijaksanaan lain yang
berkaitan dengan pemberian fasilitas tertentu dari pemerintah.
7. Rekanan perusahaan
Yang dimaksud dengan rekanan perusahaan di sini ialah perusahaan-perusahaan
lain yang diajak kerja sama dalam suatu kegiatan atau proyek-proyek pekerjaan
tertentu yang sifatnya bekerja sama untuk saling mendukung dalam penyelesaian
kegiatan yang digarap bersama.
D.
Prinsip
Akuntansi
Prinsip-prinsip akuntansi Indonesia terdiri atas sejumlah aturan
yang menjadi pedoman bertindak dalam melaksanakan akuntansi di Indonesia dan
akan berkembang di masa yang akan datang. Dari sekian banyak aturan yang
terdapat dalam prinsip akuntansi Indonesia, di sini akan dibahas tiga aturan
saja, yaitu konsep entitas, prinsip obyektivitas, dan prinsip cost (biaya).
• Konsep Entitas.
Konsep yang paling
mendasar di dalam akuntansi adalah konsep entitas (kesatuan usaha). Kesatuan
usaha akuntansi adalah suatu organisasi atau bagian dari organisasi yang
berdiri sendiri, terpisah dari organisasi lain atau individu lain. Ditinjau
dari segi akuntansi, antara kesatuan usaha yang satu dengan kesatuan usaha yang
lain atau dengan pemiliknya terdapat garis pemisah yang tegas. Ini berarti
bahwa kejadian keuangan yang menyangkut suatu kesatuan usaha tidak boleh
dicampur dengan kesatuan usaha lain atau dengan pemiliknya, dan sebaliknya.
Konsep ini penting artinya dalam menilai keadaan keuangan dan hasil usaha yang
dicapai suatu organisasi atau bagian dari organisasi. Tanpa konsep ini maka
laporan keuangan akan menjadi kacau, karena apa yang tercantum dalam laporan
keuangan suatu organisasi mungkin dimasuki kejadian-kejadian keuangan yang
sebenarnya tidak berhubungan dengan organisasi tersebut.
• Prinsip Obyektivitas.
Catatan dan laporan akuntansi harus
didasarkan pada data yang bisa dipercaya sebagai laporan yang menyajikan
informasi yang tepat dan berguna. Data yang bisa dipercaya adalah data yang
bisa diverifikasi (diperiksa kebenarannya). Data semacam itu harus bisa
dikonfirmasi oleh pengamat yang independen. Oleh karena itu catatan akuntansi
harus didasarkan pada informasi yang berawal dari kegiatan yang didokumentasi
dalam bentuk bukti yang obyektif. Seandainya akuntansi tidak mengenal prinsip
obyektivitas, maka pencatatan akuntansi akan didasarkan pada hal-hal yang tidak
obyektif dan bisa mengakibatkan kekacauan.
• Prinsip cost (biaya).
Prinsip cost atau prinsip biaya menetapkan
bahwa harta atau jasa yang dibeli atau diperoleh harus dicatat atas dasar biaya
yang sesungguhnya. Meskipun pembeli tahu bahwa harga mungkin masih bisa
ditawar, tetapi barang atau jasa yang dibeli akan dicatat dengan harga yang
sesungguhnya disepakati dalam transaksi yang bersangkutan.
E.
Pengertian Laporan Keuangan
Laporan keuangan merupakan hasil akhir dari suatu proses
pencatatan, yang merupakan suatu ringkasan dari transaksi-transaksi keuangan
yang terjadi selama tahun buku yang bersangkutan.
Pengertian laporan keuangan menurut Standar Akuntansi Keuangan:
“Laporan keuangan merupakan bagian dari proses pelaporan
keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi neraca, laporan
perubahan posisi keuangan (yang dapat disajikan dalam berbagai cara seperti
misal, sebagai laporan arus kas, atau laporan arus dana), catatan juga termasuk
skedul dan informasi tambahan yang berkaitan dengan laporan tersebut, misal
informasi keuangan segmen industri dan geografis serta pengungkapan pengaruh
perubahan harga”
F.
Isi Laporan Keuangan
Laporan keuangan terdiri dari 3 macam :
1)
Laporan Laba-Rugi (income statement)
Laporan laba-rugi adalah salah satu laporan keuangan dalam akuntansi yang menggambarkan apakah suatu perusahaan mengalami laba atau rugi dalam satu periode akuntansi.
Laporan laba-rugi adalah salah satu laporan keuangan dalam akuntansi yang menggambarkan apakah suatu perusahaan mengalami laba atau rugi dalam satu periode akuntansi.
2)
Laporan Perubahan Modal (statement of
equity)
Laporan perubahan modal adalah salah satu laporan keuangan dalam akuntansi yang menggambarkan bertambahnya atau berkurangnya modal suatu perusahaan akibat dari laba atau rugi yang diterima oleh perusahaan tersebut dalam satu periode akuntansi.
Laporan perubahan modal adalah salah satu laporan keuangan dalam akuntansi yang menggambarkan bertambahnya atau berkurangnya modal suatu perusahaan akibat dari laba atau rugi yang diterima oleh perusahaan tersebut dalam satu periode akuntansi.
3)
Neraca (balance sheet)
Laporan neraca adalah salah satu laporan keuangan dalam akuntansi yang menunjukan keadaan keuangan secara sistematis dari suatu perusahaan pada saat tertentu dengan cara menyajikan daftar aktiva, utang dan modal pemilik perusahaan.
Laporan neraca adalah salah satu laporan keuangan dalam akuntansi yang menunjukan keadaan keuangan secara sistematis dari suatu perusahaan pada saat tertentu dengan cara menyajikan daftar aktiva, utang dan modal pemilik perusahaan.
G.
Bentuk Neraca
Neraca dapat disusun dalam dua bentuk: yaitu bentuk skontro dan
bentuk staffel. Bentuk skontro, artinya menyusun harta pada sisi kiri dan utang
pada sisi kanan atau sebelahmenyebelah. Sedangkan bentuk staffel sering disebut
dengan bentuk laporan, yaitu menempatkan harta pada bagian atas neraca dan
utang dengan modal di bagian bawahnya. Coba Anda bedakan kedua bentuk neraca
berikut.
Perbedaan neraca bentuk staffel dengan skontro adalah bentuk
staffel disusun secara vertikal. Harta pada bagian atas dan utang dengan modal
pada bagian bawah. Sedangkan bentuk skontro, harta (aktiva) pada sisi kiri,
utang dan modal pada sisi kanan.
H. Laporan Laba Rugi
Pengertian Laporan Laba Rugi
Laporan laba rugi adalah laporan yang menyajikan sumber pendapatan dan beban suatu perusahaan (dagang) selama periode akuntansi.
Untuk Menghitung laba rugi perusahaan adalah:
Laporan laba rugi adalah laporan yang menyajikan sumber pendapatan dan beban suatu perusahaan (dagang) selama periode akuntansi.
Untuk Menghitung laba rugi perusahaan adalah:
Laba bersih = Laba kotor – Beban usaha.
Beban uasaha dalam perusahaan dagang ada dua kelompok.
1.
Beban penjualan ialah biaya yang
langsung dengan penjualan.
2.
Beban administrasi/umum ialah
biaya-biaya yang tidak langsung dengan penjualan.
Untuk menghitung laba kotor adalah:
Laba kotor = penjualan bersih – harga pokok penjualan.
Sedangkan untuk menghitung penjualan bersih adalah :
Penjualan bersih = penjualan – retur penjualan dan pengurangan
harga – potongan penjualan.
Menyusun Laporan Laba Rugi.
Laporan laba rugi dapat disajikan dalam dua bentuk yaitu single step dan multiple step.
Laporan laba rugi dapat disajikan dalam dua bentuk yaitu single step dan multiple step.
A.
Single Step/Langsung.
Laporan single step/langsung yaitu laporan laba rugi di mana semua pendapatan dijumlahkan menjadi satu, demikian juga untuk bebannya, kemudian dicari selisihnya untuk mengetahui laba atau rugi.
Laporan single step/langsung yaitu laporan laba rugi di mana semua pendapatan dijumlahkan menjadi satu, demikian juga untuk bebannya, kemudian dicari selisihnya untuk mengetahui laba atau rugi.
B.
Multiple Step (Bertahap)
Laporan laba rugi bentuk multiple step (bertahap) adalah laporan laba rugi dengan mengelompokkan atau memisahkan antara pendapatan usaha dan pendapatan di luar usaha, dan memisahkan pula antara beban usaha dan beban di luar usaha, baru kemudian dicari selisihnya sehingga akan diperoleh laba atau rugi usaha.
Laporan laba rugi bentuk multiple step (bertahap) adalah laporan laba rugi dengan mengelompokkan atau memisahkan antara pendapatan usaha dan pendapatan di luar usaha, dan memisahkan pula antara beban usaha dan beban di luar usaha, baru kemudian dicari selisihnya sehingga akan diperoleh laba atau rugi usaha.
I.
Bentuk Laporan Laba Rugi
Laporan laba rugi dapat disusun dalam dua bentuk, yaitu:
a.
Bentuk Single Step
b.
Bentuk Multiple Step
Laporan laba rugi dalam bentuk single step hanya dikenal laba
bersih karena dalam bentuk ini semua penghasilan dikurangi beban-beban termasuk
pajak dilaporkan sekaligus tanpa dipisah-pisahkan seperti dalammultiple step.
Dalam bentuk multiple step, laporan laba rugi disusun bertahap,
sehingga dikenal beberapa jenis laba seperti laba kotor, laba bersih operasi,
laba bersih sebelum pajak dan laba bersih setelah pajak.
Contoh Format Laporan Laba Rugi Bentuk Single Step
Perusahaan Kartika Jaya
Laporan Laba Rugi
Untuk Tahun (Bulan) yang Berakhir 31 Desember 2006
Laporan Laba Rugi
Untuk Tahun (Bulan) yang Berakhir 31 Desember 2006
Pendapatan :
Pendapatan Operasi XX
Penghasilan diluar Operasi XX
Jumlah XXX
Beban-beban :
Beban Operasi XX
Beban diluar Operasi XX
Pajak XX (XX)
Laba Bersih XXX
Pendapatan Operasi XX
Penghasilan diluar Operasi XX
Jumlah XXX
Beban-beban :
Beban Operasi XX
Beban diluar Operasi XX
Pajak XX (XX)
Laba Bersih XXX
Contoh Format Laporan Laba Rugi Bentuk Multiple Step
Perusahaan Kartika Jaya
Laporan Laba Rugi
Untuk Tahun (Bulan)* yang Berakhir 31 Desember 2006
Laporan Laba Rugi
Untuk Tahun (Bulan)* yang Berakhir 31 Desember 2006
Pendapatan XX
Beban Operasi :
Beban Iklan XX
Beban Gaji Adm Kantor XX
Beban Asuransi XX
Beban Penyusutan XX (XX)
Laba Operasi XXX
Pendapatan & Beban diluar Operasi
Pendapatan Bungan XX
Beban Bunga XX XX
Laba Bersih Setelah Pajak XXX
Pajak (XX)
Laba Bersih Setelah Pajak XXX
Catatan: * bila laporan dibuat per bulan.
Beban Operasi :
Beban Iklan XX
Beban Gaji Adm Kantor XX
Beban Asuransi XX
Beban Penyusutan XX (XX)
Laba Operasi XXX
Pendapatan & Beban diluar Operasi
Pendapatan Bungan XX
Beban Bunga XX XX
Laba Bersih Setelah Pajak XXX
Pajak (XX)
Laba Bersih Setelah Pajak XXX
Catatan: * bila laporan dibuat per bulan.
J.
Tujuan Laporan Keuangan
Tujuan laporan keuangan menurut A Statement of Basic Accounting
Theory (ASOBAT) dalam Sofyan Syafri Harahap (2000 : 6), merumuskan empat tujuan
laporan keuangan sebagai berikut :
1.
Membuat keputusan yang menyangkut
penggunaan kekayaan yang terbatas dan untuk menetapkan tujuan.
2.
Mengarahkan dan mengontrol secara
efektif sumber daya manusia dan faktor produksi lainnya.
3.
Memelihara dan melaporkan pengamanan
terhadap kekayaan.
4.
Membantu fungsi dan pengawasan
sosial.
Lebih lanjut menurut APB Statement No.4 dalam Sofyan Syafri
Harahap (2000 : 99), menyatakan bahwa tujuan laporan keuangan dapat digolongkan
sebagai berikut :
1.
Tujuan Khusus
Tujuan khusus dari laporan keuangan adalah untuk menyajikan
posisi keuangan, hasil usaha dan perubahan posisi keuangan lainnya secara wajar
sesuai dengan GAAP (General Accepted Accounting Principle).
2.
Tujuan Umum
a.
Memberikan informasi yang terpercaya
tentang sumber-sumber ekonomi, dan kewajiban perusahaan dengan maksud :
(1) Untuk menilai kekuatan dan kelemahan perusahaan.
(2) Untuk menunjukkan posisi keuangan dan investasinya.
(3) Untuk menilai kemampuan perusahaan untuk menyelesaikan hutang-hutangnya.
(4) Menunjukkan kemampuan sumber-sumber kekayaannya yang ada untuk pertumbuhan perusahaan.
(1) Untuk menilai kekuatan dan kelemahan perusahaan.
(2) Untuk menunjukkan posisi keuangan dan investasinya.
(3) Untuk menilai kemampuan perusahaan untuk menyelesaikan hutang-hutangnya.
(4) Menunjukkan kemampuan sumber-sumber kekayaannya yang ada untuk pertumbuhan perusahaan.
b.
Memberikan informasi yang terpercaya
tentang sumber kekayaan bersih yang berasal dari kegiatan usaha dalam mencari
laba dengan maksud :
(1) Memberikan gambaran tentang deviden yang diharapkan pemegang saham.
(2) Menunjukkan kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban kepada kreditur, supplier, pegawai, pajak, pengumpulan dana untuk pelunasan.
(3) Memberikan informasi kepada manajemen untuk digunakan dalam pelaksanaan fungsi perencanaan dan pengawasan.
(4) Menunjukkan tingkat kemampuan perusahaan mendapatkan laba dalam jangka panjang.
(1) Memberikan gambaran tentang deviden yang diharapkan pemegang saham.
(2) Menunjukkan kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban kepada kreditur, supplier, pegawai, pajak, pengumpulan dana untuk pelunasan.
(3) Memberikan informasi kepada manajemen untuk digunakan dalam pelaksanaan fungsi perencanaan dan pengawasan.
(4) Menunjukkan tingkat kemampuan perusahaan mendapatkan laba dalam jangka panjang.
c.
Memberikan informasi keuangan yang
dapat digunakan untuk menaksirkan potensi perusahaan dalam menghasilkan laba.
d.
Memberikan informasi yang diperlukan
lainnya tentang perubahan harta dan kewajiban.
e.
Mengungkapkan informasi relevan
lainnya yang dibutuhkan para pemakai laporan keuangan.
3.
Tujuan Kualitatif
Adapun tujuan kualitatif dari laporan keuangan yaitu sebagai
berikut :
a.
Relevance, yaitu memilih informasi
yang benar-benar dapat membantu pemakai laporan dalam proses pengambilan
keputusan.
b.
Understandability, yaitu informasi
yang dipilih untuk disajikan bukan saja penting tetapi juga harus dimengerti
oleh para pemakainya.
c.
Verifiability, yaitu hasil akuntansi
itu harus dapat diperiksa oleh pihak lain akan menghasilkan pendapatan yang
sama.
d.
Neutrality, yaitu laporan akuntansi
itu harus netral terhadap pihak-pihak yang berkepentingan. Informasi
dimaksudkan untuk pihak umum bukan pihak-pihak tertentu saja.
e.
Timelines, yaitu laporan akuntansi
hanya bermanfaat untuk pengambilan keputusan apabila diserahkan pada saat yang
sama.
f.
Comparability, yaitu informasi
akuntansi harus dapat saling dibandingkan artinya akuntansi harus memiliki
prinsip yang sama baik untuk suatu perusahaan maupun perusahaan lain.
g.
Completeness, yaitu informasi
akuntansi yang dilaporkan harus mencakup semua kebutuhan yang layak dari
pemakai.
Referensi :- http://anandyarevannie.blogspot.com/2012/10/pengertian-akuntansi.html
- http://www.neracalajur.com/2012/02/pengertian-dan-fungsi-akuntansi.html
- http://www.hari.asia/2012/04/prinsip-prinsip-akuntansi.html
- http://belajar.kemdiknas.go.id/index5.php?display=view&mod=
script&cmd=Bahan%20Belajar/Modul%20Online
/SMA/view&id=69&uniq=1234
- http://endrayanie.blogspot.com/2012/01/bab-11-akuntansi-dan-laporan-keuangan.html
- http://lailyza.blogspot.com/2012/04/laporan-labarugi.html
0 komentar:
Posting Komentar